Wakil Bupati Raja Ampat Tutup Turnamen Sagawin Cup I

Wakil Bupati Raja Ampat Tutup Turnamen Sagawin Cup I
Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko Burdam Saat menyerahkan hadiah uang tunai sebesar 22 juta kepada pemenang Sagawin Cup I Tahun 2022

HARIANNKRI.ID – Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko Iriano Burdam S.IP,. M.M,. M.Ec.Dev secara resmi menutup Turnamen Sepakbola Sagawin Cup I tahun 2022. Turnamen ini digelar selama dua minggu di lapangan sepak bola Kampung Kaliam Distrik Salawati Barat Kabupaten Raja Ampat.

Dalam sambutannya, orang nomor dua di Kabupaten Raja Ampat ini mengapreasiasi warga masyarakat yang berada di wilayah Salawati – Batanta telah memberikan dukungan penuh. Sehingga kegiatan sepak bola dalam rangka mempromosikan Situs Wisata Rohani Pulau Sagawin terlaksana dengan baik

“Bersyukur sekali pada sore hari ini kita telah sampai pada puncak acara Turnamen Sepakbola Sagawin Cup I. Yang merupakan turnamen pertama kali di adakan di wilayah Salawati – Batanta” Kata Ori, Sebutan Akrab Wakil Bupati Raja Ampat, Rabu (2/3/2022).

Wakil Bupati Raja Ampat Tutup Turnamen Sagawin Cup I
Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko Burdam bersama perangkat pertandingan, para pemain berfoto bersama sebelum laga penutupan

Pesan Wakil Bupati Raja Ampat Kepada Peam Peserta Turnamen Sagawin Cup I

Ia pun berpesan kepada semua peserta yang ikut berpartisipasi dalam Turnamen Sepakbola Sagawin Cup I tahun 2022. Ori meminta para peserta tetap semangat dan teruslah berlatih demi kemajuan sepakbola Raja Ampat.

“Kepada semua tim agar tetap semangat berlatih dan teruslah berkembang. Demi sepakbola Raja Ampat yang kompetitif, dan tentu harapan kita semua. Yaitu kembalinya tim sepakbola Raja Ampat bermain di kancah nasional,” ujar Wabup.

Baca Juga :  AFU Oridek Terima Rekomendasi Partai Nasdem

Dalam turnamen sepakbola yang digagas oleh Wakil Bupati Raja Ampat ini, team sepakbola asal Batanta Selatan menyabet tiga gelar sekaligus dan uang tunai sebesar Rp. 22 juta rupiah. Dalam laga pamungkas Batanta Selatan berhasil membungkam saudara dekatnya Solol FC melalui adu penalti dengan skor tipis 5 : 4.

Ketiga gelar yang berhasil diraih team sepakbola Batanta Selatan. Yaitu gelar juara Sagawin Cup I, gelar top skorer, dan gelar kiper terbaik.

Team Batanta Selatan Juarai Sagawin Cup I

Di babak final, Batanta Selatan yang tampil memukau, unggul lebih dulu atas Solol FC. pada babak pertama hingga turun minum. Solol FC yang tertinggal di babak pertama, membalas ketertinggalannya di babak kedua dengan menyamakan skor menjadi 1-1 hingga babak kedua berakhir.

Partai final kemudian dilanjutkan dengan perpanjangan waktu 2 x 10 menit namun skor akhir masih tetap seri. Akhirnya pertandingan pun dilanjutkan dengan adu penalti yang dimenangkan Batanta Selatan 5-4.

Solol FC. yang keluar sebagai juara kedua mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp.15.000.000. Berhasil sebagai juara III, Kalyam FC, menerima dengan uang pembinaan Rp.10.000.000, dan juara harapan diraih Boysman FC. kampung Jefman dengan uang pembinaan Rp.5.000.000.

Sementara itu, pemain terbaik direbut Zainal Alkadri dari Boysman FC Jefman, top skorer diungguli Aples Kumuai yang mencetak 10 goal, dan kipper terbaik jatuh pada Husen dari Batantanta FC, masing-masing mendapat uang pembinaan Rp. 1.000.000, sementara supporter terbaik jatuh pada kampung Kalyam yang mendapat uang pembinaan Rp. 5.000.000.

Baca Juga :  Pamen dan Pama Prajurit Wijayakusuma Jalani Tes Kesegaran Jasmani
Wakil Bupati Raja Ampat Tutup Turnamen Sagawin Cup I
Kedua team finalis Sagawin Cup I, Batanta Selatan (Depan) Solol FC (Belakang)

Pesan Ketua Panitia Pelaksana Sagawin Cup I

Ketua panitia pelaksana yang juga kepala kampung Kaliam, Stepanus Napat, mengucapkan terima kasih banyak kepada Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko Burdam, atas prakarsanya menginisiasi Sagawin Cup. Ia disebut dapat memotivasi turnamen sepakbola di seluruh Raja Ampat guna membangun pemuda melalui sepakbola.

Menurut Stepanus Napat, Sagawin Cup telah membangun kembali semangat pemuda di lingkungan Sagawin. Pelaksanaannya pun ditangani secara professional oleh asosiasi wasit daerah Raja Ampat sehingga tercipta fair play dan menghasilkan juara murni tanpa rekayasa.

Manager Kalanat FC. Iskandar, Urbinas S.AN. berhasil memantau 5 pemain terbaik hasil Sagawin Cup I, dan merekrut mereka untuk bergabung dengan Kalanafat FC, yang siap berlaga pada Piala Raja, November 2022 mendatang.

Turnamen Sagawin Cup I Tahun 2022 diikuti oleh 16 club sepakbola yang berada di sekitar selat Sagawin. Mereka berasal dari 14 kampung yang berada di Distrik Batanta Selatan, Salawati Barat, Salawati Utara, dan satu team tamu dari Waiego Timur yang terbagi dalam 4 pool. (HSG)

Loading...